Mata Pelajaran : GEOGRAFI
Judul : Sistem Informasi Geografi
Bahan ajar ini membawa peserta didik untuk memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan SIG, komponen-komponennya, tahapan kerja, tahapan kerja menumpangssunkan lebar demi lembar transparan. Dan manfaat SIG dan mengkaji fenomena geosfer yang ada di atas permukaan bumi. Produk SIG yang sebenarnya dapat berupa, diagram, peta, gambar atau apa saja yang menyangkut pencitraan objek di atas permukaan bumi. Karena dibantu dengan komputer maka proses kerja sangat cepat, tepat dan efisien.
Diakhir kursus ini peserta didik akan mampu menempatkan sentral usaha di lokasi yang tepat dan diprediksi mampu mendatangkan keuntungan, misalnya: di mana mendirikan usaha fotocopy, jualan ayam bakar,buka usaha kos-kosan. Peserta didik juga bisa mengkaji mengapa mengapa sebuah unit usaha bisa gulung tikar ? Mereka akan mampu memberikan jawaban: karena lokasinya tidak tepat, jaraknya teralu jauh dan kurang memperhitungkan mobilitas dan julah penduduk. Dewasa ini dunia usaha sudah banyak menggunakan layanan jasa sistem informasi georafi (Koran kompas, coca cola, dll)
Standar kompetensi :
2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan sistem informasi geografi (SIG)
Kompetensi dasar :
2.2 Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografi
Indikator :
1. Merumuskan konsep dasar SIG
2. Mengidentifikasi komponen – komponen SIG
3. Melakukan tahapan kerja SIG
4. Memberi contoh meng-overlaykan peta transparansi
5. Mengidentifikasi beberapa manfaat SIG dalam kajian geofer
Kelas : XII (duabelas)
Semester : II (dua)
Software pendukung :
1. Power point
2. iSpring Pro
3. Quiz creator
Cara penggunaan:
1. Klik tombol menu utama yang ada diatas slide power point
2. pilihlah materi yang diinginkan dengan cara mengklik salah satu tombol menu
3. soal uji kompetensi terhubung pada file lain (flash)
Ket | Nama | Unit Kerja |
Penyusun | Putu Micana | SMA Negeri 2 Banjar Singaraja |
Editor | Putu Micana | SMA Negeri 2Banjar, Singaraja |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar